8 Cara Mengatasi Bibir Kering Pecah-pecah

Cara Mengatasi Bibir Kering Pecah-pecah - Cuaca yang terik seperti sekarang, ditambah dengan kurang minun serta konsumsi makanan yang berminyak panas dan pedas juga mempengaruhi kondisi badan. Sehingga salah satu resikonya yaitu bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mencari solusinya bisa di simak langsung informasi sederhana berikut ini.

8 Cara Mengatasi Bibir Kering Pecah-pecah

8 Cara Mengatasi Bibir Kering Pecah-pecah

Bibir merupakan salah satu bagian wajah yang sering jadi sorotan. Memiliki bibir yang sehat dan indah dapat menambah rasa percaya diri, terlebih saat bersosialisasi. Karena bibir kering dan pecah-pecah memang sangat menyiksa sekaligus mengganggu.

Oke untuk lebih jelasnya bagaimana cara mengatasi keluhan tersebut, disimak langsung saja yukkkk!!!

1. Cukupi Nutrisi – kurangnya nutrisi merupakan salah satu faktor penyebab bibir kering dan pecah-pecah karena kurangan asupan akan vitamin B, lemak essensial serta zat besi. Cara ampuh mengatasinya yaitu dengan mengkonsumsi makanan atau suplemen vitamin yang terdapat kandungan tersebut. untuk lebih jelas dapat di konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

2. Hilangkan Kebiasaan (Menjilat dan  Menggigit Bibir) – mungkin hal ini sering anda lakukan dengan alasan untuk membasahi bibir dengan air liur. Akan tetapi ternyata hal ini sangatlah tidak betul, karena air liur / saliva  dapat menguap lebih cepat sehingga hal ini dapat membuat bibir lebih kering. Bahkan dapat memperburuk keadaan menjadi pecah-pecah. Hindari juga kebiasan menggigit bibir karena hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada lapisan pelindung bibir, sehingga mengakibakan bibir kering dan pecah-pecah.

3. Cukupi Kebutuhan Cairan -  tubuh yang kekurangan cairan atau lebih sering disebut dengan dehidrasi. Salah satu akibat dari dehidrasi yaitu bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Nah oleh karena itu, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan akan cairan perhari atau setara dengan 8 sampai 10 gelas air putih setiap hari.

4. Konsumsi Buah & Sayur – buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral alami yang sangat di butuhkan oleh tubuh sebagai nutrisi. Salah satunya untuk melembabkan bibir agar terhindar dari kekeringan dan pecah-pecah. jangan lupa untuk selalu menyertakan sayur dan buah dalam daftar menu harian anda.  Selain itu juga konsumsi sayur hijau, biji-bijian, tomat serta wortel berfungsi untuk mengembalikan atau memulihkan kulit yang rusak yang disebabkan keluhan tersebut.

5. Aplikasikan Madu – mengoleskan madu pada bibir kering serta pecah-pecah  merupakan solusi alami yang dapat memberikan kelembapan natural. Kandungan antibakteri pada madu juga dapat membunuh kuman serta bakeri yang mengakibatkan masalah pada bibir. Tak hanya dapat mengatasi masalah bibir tersebut, madu juga dapat membuat memerahkan bibir secara alami. Jangan lupa untuk selalu mengoleskan madu 3 kali dalam sehari.

6. Selektip Memilih Lipsitik – pastikan anda teliti dalam memilih produk lipstis terlebih jika memiliki bibir yang sensitif. Karena pemilihan yang asala dapat dapat mengakibatkan kerusakan pada bibir. Pastikan anda memilih jenis lipstik yang terdapat dan cocok dengan janis bibir anda.

7. Aplikasikan Lip Balm – saat cuaca terik seperti sekarang menggunaan lip balm merupakan salah satu alternatif untuk menghindari masalah bibir tersebut. tak hanya mencegah lip balm juga mampu mengatasi keluhan bibir pecah dan kering. Jadi jangan lupa untuk selalu mengoleskan lipbalm ketika hendak keluar rumah.

8. Hindari Bernafas dengan Mulut – nah, jika anda memiliki kebiasan bernafas lewat mulut sebaiknya kebiasa buruk ini harus anda hindari. Karena kebiasan tersebut dapat dapat mengakibatkan bibir menjadi kering pecah-pecah bahkan sampai mengakibatkan celah pada bibir. Oleh karena itu, biasakan bernafas melalui hidung karena lebih baik dan lebih sehat.


Demikianlah artikel sederhana yang membahas cara mengatasi bibir kering dan pecah. memiliki bibir yang indah, mulus serta merona merupakan keiinginana setiap orang maka dari itu sebaiknya hindari kebiasan buruk tersbeut yang dapat mengakibatkan timbulnya masalah pada bibir. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya. Jangan lupa bantu share juga yaaa agar lebih bermanfaat lagi buat teman-teman semua...!!!!

Subscribe to receive free email updates: