7 Cara Cepat Menghilangkan Nyeri Saat Haid

Memiliki keluhan saat datang bulan atau haid? Simak artikel bermanfaat berikut ini mengenai 7 cara cepat menghilangkan nyeri saat haid. Rasanya sakit dan sangat mengganggu, sehingga hal ini sangat berpengaruh terhadap mood seseorang. Ada beberapa cara untuk mengatasi sakit atau keluhan saat haid, seperti berolahraga dilarang mengkonsumis makanan tertentu dll.

 7 Cara Cepat Menghilangkan Nyeri Saat Haid


7 Cara Cepat Menghilangkan Nyeri Saat Haid

Jangan anggap sepela yaachh sakit atau keluhan saat datang haid. Nah, berikut ini merupakan tips dan trisk cara mengatasi nyeri saat haid secara alami tanpa menggunakan obat yang mengandung zat kimia berbahaya.

1. Kompres dengan  Air
Cara ini dapat membantu anda dalam meredam atau mengatasi nyeri saat haid. Anda dapat mengompres bagian perut dengan menggunaka air hangat dan air dingin, karena kedua cara tersebut memiliki manfaat yang mampu mengatasi rasa nyeri. 

2. Pemijatan
Anda dapat melakukan pemijatan secara ringan di sekitar area perut bawah, cara melakukannya yaitu dengan gerakan ringan memutar searah jarum jam menggunakan jari jemari. Untuk mempermudah proses pemijatan dapat menggunakan baby oil atau minyak kelapa / zaitun.

3. Minum Air Hangat
Minuman hangat dapat membantu meredakan keluhan sakit saat haid, seperti jahe hangat dengan madu, madu susu telur dll. Akan tetapi sebaiknya hindari minumanan berkafein seperti teh, kopi bersoda atau beralkohol karena mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Sehingga hal ini dapat memperparah keadaan atau semakin sakit. Tak hanya itu juga, mengkonsumsi minuman tersebut secara berlebihan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan seperti insomia, gangguan lambung, gelisah, obesitas dll.

4. Posisi Nyaman
Cara untuk mengatasinya yaitu dengan mencari posisi nyaman karena hal ini dapat membuat tubuh menjadi releaks yang dapat meringankan rasa nyeri secara refleks. 

5. Olahraga
Salah satu jenis olahraga yang dapat menentramkan keluhan saat haid yaitu dengan yoga. Yoga merupakan salah satu jenis olahraga relaksasi yang berfungsi untuk menenangkan hati, menurunkan tekanan darah dan memberikan suasana hati yang nyaman dan tenang. 

6. Mandi Air Hangat
Mandi dengan mengguanakan air hangat juga merupakan salah satu cara relaksasi. Tapi ingat bagi anda yang memiliki jenis kulit kering sebaiknya jangan terlalu lama karena dapat membuat kulit kehilangan nutrisi alaminya.

7. Konsumsi Jamu atau Obat Tradisional
Nenek moyang terdahulu mempercayai dengan mengkonsumsi obat tradional seperti temulawak, asam jawa, daun sirsak, kulit manggis dapat mengatasi keluhan saat datang bulan.

Selain itu dengan mencukupi Asupan Zat Besi, karena Kehilangan zat besi dalam batas normal dapat mengakibatkan anemia. Oleh karena itu sangat penting untuk mencukupi kebutahan akan zat besi saat haid. Seperti yang terdapat pada sayuran hijau, kacang-kacangan, daging hewan.

Demikianlah informasi sederhana tentang 7 cara cepat menghilangkan nyeri saat haid, semoga dapat bermanfaat bagi semuanya.

Subscribe to receive free email updates: