Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa
Tips menurunkan berat badan saat puasa - Melaksanakan ibadah puasa selama bulan ramadhan dapat anda jadikan sebagai momen untuk menurunkan berat badan. Berikut ini merupakan beberapa cara untuk membantu mengurangi berat badan selama anda menjalankan ibadah puasa, simak informasinya dibawah ini.


Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa


1. Perbanyak minum air putih
Pada saat berbuka dan sahur, sebaiknya anda mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih secukupnya. Sehingga anda akan terhindar dari hidrasi, anda juga sebaiknya mengurangi keinginan mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis pada saat buka dan sahur.
  • Cukupi cairan dengan minum air putih sebanyak 2 liter atau setara dengan 8 gelas, anda dapat minum 4 gelas saat berbuka dan 4 gelas saat sahur. 
  • Sebaiknya anda menghindari minum minuman yang memiliki kandungan kafein seperti kopi dan juga teh.

2. Tidak makan berlebihan saat buka puasa
Pada saat kita sedang berpuasa, maka metabolisme di dalam tubuh anda akan menjadi lambat dan dapat mengalami penurunan energ didalam tubuh. Untuk mengatasinya anda dapat mengkomsumsi makanan manis asalkan masih dalam batas wajar, lalu anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan nutrisi seperti buah dan sayur.
  • Hindari makanan berlebihan  
  • Setelah makan makanan manis, sebaiknya biarkan terlebih dahulu pencernaan anda untuk beristirahat sejenak dan setelah itu anda dapat melanjutkan kembali makanan makanan yang bernutrisi.
3. Jangan sampai melewatkan sahur
Sebaiknya anda tidak melewatkan sahur, karena jika anda tidak sahur makan anda akan merasa lebih lapar pada saat tiba buka puasa dan menyebabkan anda untuk makan lebih banyak. Pada saat sahur, pilihlan makanan yang rendah akan kandungan garam dan makananlah makanan yang memiliki sumber protein seperti telur. Hal ini dapat menstabilkan gula darah dan membuat anda tidak merasakan lapar berlebih pada saat berpuasa seharian.

4. Tetap aktif
Berpuasa bukan alasan untuk kita bermalas-malasan dengan tidur seharian, sebaiknya anda tetap aktif melakukan kegiatan harian anda. Pada saat anda sedang manjalankan puasa, sebaiknya jangan pernah anda berolahraga pada saat cuaca sedang panas-panasnya tetapi sebaiknya anda melakukan olahraga pada saat menjelang waktu berbuka puasa atau 30 menit setelah berbuka.

5. Hindari mengkonsumsi makanan olahan yang mengandung gula
Meningkatnya berat badan pada saat puasa dapat disebabkan oleh seringnya mengkonsumsi makanan manis saat berbuka dengan berlebihan, sebaiknya perbanyaklah mengkonsumsi makanan seperti buah dan sayur yang kaya kandungan nutrisinya.

Nah, demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai tips menurunkan berat badan saat puasa. Semoga informasin diatas dapat bermanfaat dan selamat mencoba… !!!

Subscribe to receive free email updates: