Tips Cara Alami Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Tahukah anda tips cara alami mengatasi keputihan saat hamil? Masalah keputihan memang sangat mengganggu para kaum wanita, terlebih jika terjadi pada masa kehamilan. Keputihan itu sendiri merupakan suatu proses keluarnya cairan putih yang lengket pada organ intim kewanitaan, hal ini memang terbilang normal dan pada umumnya sering terjadi pada masa puber setelah selesai ataupun sebelum tiba masa haid. Selain itu, keputihan juga dapat terjadi pada saat seseorang memakai alat kontrasepsi atau juga dapat terjadi pada masa kehamilan. Namun jika terjadi keputihan cuku banyak atau berlebih tentunya hal ini dapat dibilang tidak normal, terutama pada masa kehamilan.

Tips Cara Alami Mengatasi Keputihan Saat Hamil


Tips Cara Alami Mengatasi Keputihan Saat Hamil

Keputihan yang tidak normal selain keluarnya cairan yang berlebih juga dapat menimbulkan bau yang tak sedap, terasa sangat gatal, perih dan terasa sangat nyeri. Hal ini terjadi karena akibat adanya perubahan hormon yang mengakibatkan ketidakseimbangan pada tingkat keasaman pada orang kewanitaan anda. Sehingga perubahan hormon tersebut mengakibatkan terjadinya pertumbuhan jamur dan bakteri yang dapat terjadi iritasi. perlu anda ketahui bahwa keputihan seperti ini dapat mempengaruhi pada kesehatan bayi itu sendiri pada saat proses persalinan, setelah itu penularan juga akan terjadi pada ibu menyusui sehingga dapat mengakibatkan terjangkitnya penyakit mastitis atau peradangan pada puting susu dan juga payudara.
Pada umumnya, keputihan itu terbagi menjadi dua golongan yaitu keputihan normal dan tidak abnormal. Jenis keputihan yang normal dapat dikenali dengan ciri-ciri cairan yang tidak berbau, tidak menimbulkan rasa gatal, berwarna putih bening dan tidak terlalu lengket. Sedangkan keputihan yang abnormal dapat dikenali dengan ciri-ciri seperti jumlah cairan yang berlebih, menimbulkan bau yang tak sedap, berwarna hijau kecokelatan, menimbulkan rasa gatal dan nyeri terutama pada saat buang air kecil. Jika hal ini tidak segera diatasi dengan cepat, maka dapat menimbulkan gangguan pada kehamilan anda seperti kelahiran prematur dan dapat menyebabkan terjadinya pecah ketuban sebelum waktunya.
Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit solusi yang mungkin dapat bermanfaat untuk anda semua mengenai cara alami mengatasi keputihan saat hamil. Untuk informasi lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini.
  • Selalu gunakan air bersih untuk membasuh kewanitaan anda, sebaiknya gunakan air yang mengalir dari kerannya.
  • Pastikan organ kewanitaan anda selalu kering, jika hendak mengeringkan miss v gunakanlah handuk kering yang bersih dan lembut.
  • Jangan terlalu sering menggunakan panty liner, karena hal ini dapat menyebabkan organ kewanitaan anda menjadi lembab dan mudah tumbuh jamur.
  • Rutin mengganti celana dalam dengan yang baru minimal 2 kali sehari dan gunakan celana dalam yang berbahan kain yang mudah menyerap keringat.
  • Jangan bersihkan miss v anda dengan menggunkan sabun, karena cara tersebut dapat merusak ph alami yang berfungsi sebagai pelindung.
  • Lakukan cara membersihkan organ kewanitaan anda dengan benar yaitu dari depan kebelakang pada saat setelah buang air kecil ataupun besar. Hal ini bertujuan agar terhindar dari kontaminasi pada bakteri yang terdapat pada kantung kemih dan anus.
  • Hindari dulu mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis dan mengandung kafein.
  • Hindari mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang dapat mengakibatkan terjadinya keputihan, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter jika akan mengkonsumsi obat-obatan.

Nah, itulah beberapa tips cara alami mengatasi keputihan saat hamil. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda semua, sampai jumpa dan semoga kelahiran bayi anda diberikan kelancaran serta bayi lahir dengan sehat.
Terima kasih atas waktunya dan jangan sungkan untuk memberikan kritik dan saran dalam kolom komentar dibawah ini.

Subscribe to receive free email updates: